PROPOSAL KERJA SAMA

PROPOSAL KERJASAMA LEASING DAN PENANAMAN SAHAM
YANG TERHORMAT BAPAK/IBU 

Usaha yang saya buat yaitu usaha jasa dalam penyewaan kendaraan, yang saya beri nama Aris Rental, aris rental juga akan memberikan layanan buka yang menyeluruh selama 24 jam. Rental ini yang merupakan suatu usaha penyedia solusi otomotif.

Aris Rental yang akan kami tawarkan produk-produk kami yaitu :
1. Penyewaan Kendaraan Jangka Pendek
Penyewaan kendaraan jangka pendek ini akan membantu kebutuhan pelanggan yang bersifat darurat karena dapat siap setiap saat dibutuhkan. Jangka waktu sewa mulai dari 1 hari hingga 11 bulan.

2. Penyewaan Kendaraan Jangka Panjang
Penyewaan kendaraan jangka panjang pada umumnya dipergunakan untuk keperluan aktifitas operasional perusahaan dalam kurun waktu tertentu yaitu 1-5 tahun.

3. Jasa Pengelolaan Armada Kendaraan
Jasa pengelolaan armada kendaraan yang terpadu dimana kami merancang sistem dan melakukan seluruh aktifitas operasional penggunaan kendaraan kantor dengan IT Sistem untuk melayani aktifitas seluruh bisnis pelanggan.

4. Sistem Pengelolaan Pengemudi
Sistem pengelolaan pengemudi merupakan layanan jasa pengemudi yang dikelola secara profesional untuk kenyamanan berkendara bagi pelanggan. Sistem pengelolaan pengemudi ini akan menghasilkan optimalisasi dalam pengoperasian kendaraan perusahaan Anda.

Kami juga akan memberikan pelayanan perawatan berkala dan perbaikan kendaraan, layanan kunjungan ke rumah/kantor, penyediaan kendaraan pengganti 24 jam, pelayanan darurat dan derek 24 jam, service center 24 jam

Karakteristik jasa Rental mobil

Jasa Rental car temasuk dalam karakteristik jasa Intangibility karena ada kesamaan realita dengan teori karakteristik jasa intangibility yaitu jasa tidak dapat dilihat, dirasa, diraba, didengar, atau dicium sebelum jasa itu dibeli. Nilai penting dari hal ini adalah nilai tidak berwujud yang dialami konsumen dalam bentuk kepuasan, kenikmatan. Masalah yang berkaitan dengan karakteristik ini adalah :

A)    Jasa tidak dilindungi oleh hak paten (karena tidak merupakan temuan baru)

B)    Perusahaan tidak dapat dengan mudah dan cepat mengkomunikasikan produk jasanya. (karena harus menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen)

C)    Harga sukar ditetapkan. (menyesuaikan dengan keadaan lingkungan yang berpengaruh terhadap mobil itu sendiri)

Strategi mengatasi masalah yang ditimbulkan karakteristik intangibility:

A)    Menekankan petunjuk-petunjuk yang tampak (tangible cues),yaitu tempat (tempat desain interior dan eksterior), sumber daya manusia (ramah, responsive, murah senyum, berpakaian rapi), peralatan (computer, meja, kursi, dll), bahan –bahan komunikasi (brosur, pamphlet, leatflet), symbol perusahaan dan harga.

B)    Menggunakan sumberdaya lpersonal lebih banyak daripada sumberdaya lainnya.

C)    Menciptakan citra (image) perusahaan yang kuat.

D)    Memanfaatkan akuntansi biaya dalam penetapan harga, sehingga harga dapat ditetapkan sebaik mungkin.

E)     Melakukan komunikasi purnabeli/ pasca pembeli, seperti mengumpulkan informasi mengenal kepuasan pelanggan, keluhan pelanggan dll.



Klasifikasi jasa AriesRental car

Jasa” Rental Car” berdasarkan atas tingkat kontak konsumen dengan pemberi jasa sebagai bagian dari system saat jasa tersebeut dihasilkan termasuk dalam kelompok low contack system, yaitu konsumen tidak perlu menjadi bagian dari system untuk menerima jasa. Misalnya pada jasa reparasi mobil, konsumen tidak harus dalam kontak pada saat operasional jasa tersebut dilakukan.


  1. Hubungan pelanggan (customer relationship)



Pada jasa kami rental mobil akan kami bangun hubungan baik dengan para pemakai jasa apalagi dengan pelanggan yang sudah loyal dengan jasa kami, karena untuk mendapatkan pelanggan yang loyal dengan jasa kita sangatlah sulit, maka dari itu bisnis jasa kita sangat menjaga hubungan baik dengan para pelanggan, dengan memberikan berbagai pelayanan yang sangat terbaik, seperti memberikan informasi tentang promo jasa rental kami melali Fia sms.

  1. Kemitraan dengan pemasok (supplier partnership)

Fasilitas lain dari perusahaan jasa kami ini adalah, setiap pelanggan yang memakai jasa rental mobil kami akan mendapatkan snack berupa roti, permen, dan air minum maka dari itu pemasok dari snack tersebut sangat di butuhkan.

Dan juga menyediakan parfum dalam setiap mobil yang kami sewakan yang kami dapatkan dari supplier partner kami.


  1. Kemitraan antar perusahaan(lateral partnership)

Pada perusahaan jasa kami akan mencari mitra usaha dalam menjalankan bisnis seperti, mencari perusahaan suku cadang mobil atau bekerjasama dengan dealer-dealer apabila kendaraan yang kami miliki mengalami kerusakan atau kendala untuk memenuhi fasilitas yang diinginkan oleh konsumen.


  1. Kemitraan internal (internal partnership)

Para karyawan yang bekerja dalam rental mobil kami akan langsung terdaftar sebagai anggota asuransi jiwa dan para pekerja tidak bekerja full time, akan tetapi menggunakan system shift-shift karena jika para karyawan dipekerjakan secara full time terkadang hari berikutnya kurang maksimal dalam bekerja.

  1. Hubungan dengan masyarakat

Dalam pengambilan karyawan kami tidak akan merekrut karyawan dari luar daerah tempat rental mobil kami, kami mempekerjakan para pemuda yang masih produktif untuk menjadi karyawan di rental mobil kami yang ada disekeliling usaha jasa rental mobil kami, hal ini kami lakukan untuk menjalin hubungan usaha kami dengan orang-orang yang ada disekeliling perusahaan kami.

  1. Hubungan dengan lembaga keuangan(bank)

untuk mengawali jasa rental kami, kami akan mencari modal melalui pinjaman dari bank untuk membeli armada untuk kami sewakan, dengan cara, hasil pendapatan dari rental mobil tersebut kami kumpulkan selama sebulan untuk membayar cicilan kepada bank yang telah membiayai usaha kami setiap bulan, apabilan cicilan sudah lunas kami akan menambah armada mobil kami dengan cara yang sama, agar armada kami semakin hari semakin bertambah guna memenuhi kepuasan konsumen kami.


SEGMENTASI PASAR JASA

Segmen goegrafis

Berdasarkan geografis segmen kami adalah wilayah tempat jasa kami yaitu wilayah malang dan sekitarnya, apabila usaha kami mengalami perkembangan yang sangat pesat kami akan membuka cabang di kota-kota besar di seluruh wilayah indonesia khususnya pulau jawa dan bali.

Segmen demografi

Pada segmen demografi ini kami akan mengelompokkan jenis kelamin dalam cara penyewaan kami, dengan cara setiap orang yang menyewa kali kelompokkan jenis kelamin, apabila orang penyewa perempuan kami akan menyediakan mobil yang mudah untuk dikendarai bagi kaum perempuan yaitu mobil yang bertranmisi matic, sedangkan untuk jenis kelamin pria, kami akan menyediakan armada yang tranmisi manual.

Segmen psikografis

segmen psikografis pada jasa kami yaitu produk kami segmentasinya yaitu menengah ke atas dan seluruh kalangan yang ada.

Selain itu jasa kami akan menyediakan rental mobil dengan armada yang mewah dan mobil faforit kalangan muda, karena sebagian dari penyewa sering menginginkan armada yang bagus, mewah dan sporty untuk kalangan anak muda.

Segmen perilaku

Semen perilaku ini adalah target orang yang berpengetahuan dan orang yang setia pada produk jasa kami.



PEMOSISAN PRODUK JASA

Perbedaan usaha rental mobil kami dengan mobil yang lain.




Aries rent car

Jasa rental mobil yang lain


  1. Menyediakan seluruh kebutuhan masayarakat dalam penyewaan mobil, contoh: adanya rental jangka panajng dan jangka pendek.

Sebagian jasa rental mobil hanya menyediakan rental jangka pendek saja.


  1. Menyediakan armada yang layak pakai dan usia mobil max 5 tahun

Menyediakan mobil yang apa adanya.


  1. Menyediakan mobil untuk kalangan wanita . contoh: mobil matic.

Hanya menyediakan mobil yang transmisi manual.


  1. memberikan fasilitas yang lebih dari para pesaing terhadap pelanggan.

Hanya menyediakan armada dan sedikit fasilitas pada armada tersebut.




Strategi produk jasa

  Produk inti

Produk inti dari jasa kita adalah rental mobil yang mana kami menyediakan persewaan mobil untuk para mahisiswa atau pelajar dan perusahaan yang membutuhkan peminjaman mobil untuk berwisata atau study tour serta untuk kebutuhan transportasi perusahaan.

  Produk aktual

Perencanaan produk actual dalam rental mobil kami yaitu salah satunya GPS dan Hotspot Car yang dimana ketika para konsumen menggunakan jasa kami akan merasa nyaman internet-an atau ber-wifi di dalam mobil selama perjalanan dan juga guna untuk penunjuk arah guna mempermudah penyewa dalam berkendara.



  Produk tambahan

Dalam jasa kami selain rental mobil, para penyewa mobil akan mendapatkan produk tambahan dari kami yaitu berupa makanan ringan atau snack dan dalam mobil rental kami ada tambahan in car hotspot(hotspot di mobil), TV dan karaoke, juga menyediakan sopir bagi penyewa yang membutuhkannya.


  Jasa rental mobil ini Termasuk “shopping good”

Karena rental mobil permasuk perusahaan travelling, dimana para konsumennya dalam pemilihan dan pembeliannya dibandingkan dengan diantara berbagai alternative yang tersedia. kriteria perbandingan tersebut meliputi harga, kualitas dan model masing-masing jasa.




STRATEGI DISTRIBUSI JASA (RENTAL MOBIL PERUSAHAAN)



          Di sini produsen mempertimbangkan berbagai macam factor yang sangat berpengaruh dalam pemilihan saluran distribusinya. Pemilihan saluran distribusi yang efektif akan mampu mendorong peningkatan penjualan yang diharapkan, sehingga kelangsungan hidup perusahaan terjamin.

            Perusahan jasa kami memilih saluran distribusi langsung karena dimana situasi produsen melakukan transaksi secara langsung dengan pelanggan.

  •  Produsen mengendalikan penuh harga produk (tidak ada mark up akibat marketing intermediares)
  • Mudah mendapatkan umpan balik langsung mengenai produknya memungkinkan memberikan respon lebih cepat.



Missal: perusahaan langsung memberikan contac person dan kartu nama rental mobil kpada para pelanggan atau kepada perusahaan agar lebih mudah untuk mengetahui informasi jika dibutuhkan dan memudahkan pelanggan jika sewaktu-waktu pelanggan membutuhkan peminjaman mobil pada rental kami.


STRATEGI PENETAPAN HARGA

TAHAP PENETAPAN HARGA:

  1. Profit Maximization, penentuan harga bertujuan untuk memaksimumkan profit dalam periode tertentu.

Karena perusahaan jasa rental mobil kami untuk memaksimalkan pendapatan dalam jangka waktu pendek dan jangka panjang.

  1. Menentukan permintaan pada jasa rental mobil yaitu permintaan pada perusahaan yang membutuhkan rental mobil karena pada saat ini perusahaan tidak menangggung resiko dari kendaraan pribadi perusahaan apabila mengalami kerusan dan sebagainya.
  1. Memperkirakan biaya:

Dikarenakan perusahaan dalam menyewa jangka pandang tidak seperti rental harian maka kami menetapkan harga sewa bulanan atau tahunan.

  1. Menganalisis biaya, harga dan penawaran pesaing

Analisis biaya: biaya dalam perusaahan kami biaya pembelian mobil : 170.000.000 : 4 tahun (48) = 2.000.000

Biaya perawatan perbulan : 300.000

Biaya sopir : 70.000 perhari

Jadi dari total biaya perbulan tersebut yaitu : 4.400.000

  1. Dari hasil analisis di atas maka kami menentukan metode penetapan harga berbasis biaya yaitu :

Penetapan harga markup (markup pricing)

Penetapan harga menurut metode ini adalah berdasarkan biaya keseluruhan yang telah dikeluarkan dengan mark-up tertentu sebagai keuntungan. Karena kami memperhitungkan biaya keseluruhan.

  1. menentukan harga

dari hasil analisis biaya ditemukan sebesar 4.400.000 selama sebulan maka kami menetukan biaya sewa perbulan 5.000.000 / bulan




STRATEGI PROMOSI JASA (RENTAL MOBIL)

Produk yang kami tawarkan kepada konsumen untuk mendorong pendistribusian sampai kekonsumen melalui beberapa tahapan

  • Periklanan ( advertising )


Rental mobil kami menggunakan media iklan berupa brosur yang di sebarkan kepada para konsumen dan kebeberapa perusahaaan, agar para konsumen bisa langsung membaca deskripsi jasa kami, akan tetapi perusahaan kami juga mempromosikan jasa lewat internet, agar para pelanggan juga bisa memesan atau menyewa mobil secara online serta kami memasarkan ke perusahaan untuk menawarkan penyewaan armada kami dalam penyewaan jangka panjang.



  • Hubungan Masyarakat ( public relation )


Perusahaan jasa kami akan selalu menjaga hubungan baik kepada para pelanggan apalagi dengan pelanggan yang sudah royal terhadap jasa kami, dengan memberikan card member untuk memudahkan pelayanan terhadap pelanggan dan juga menjaga hubungan baik kepada perusahaan yang mempercayakan rental kami untuk kerjasama penyewaan mobil jangka panjang. dan kami menyediakan di blog untuk tanya jawab berkomunikasi melalui internel dan juga telepon.


  • Pemasaran Langsung ( direct marketing )


Menawarkam produk secara langsung tanpa melalui agen atau perantara orang lain.

kami memasarkan melalui brosur dan fia internet yaitu facebook twitter dan blog yang kami miliki.


  • Personal seling

Presentasi oleh sales kepada perusahaan perusahaan untuk kerjasama antara rental mobil dengan perusahaan terkait untuk menyediakan penyewaan armada ke perusahaan dengan harga murah.

  • Sales promotion

Menyebarkan brosur untuk penyewaan jangka pendek ke mahasiswa ke semua kalangan yang ada di daerah. Beda dengan jangka panjang yaitu penyewaan mobil dengan perusahaan dengan minimal penyewaan 1 tahun sedangkan jangka pendek yaitu rental per hari.



Struktur organisasi pemasaran jasa (rental mobil perusahaan)


Vice PrsidentPersonalia

Membawahi bagian pemberdayaan sumber daya manusia, terkait dengan pengadaan tenaga kerja demi kelangsungan usaha jasa perusahaan.

  Vice President Operasi

Membawahi semua bagian pengaturan pengemudi, terkait dengan masalah system sirkulasi pengemudi perusahaan.

   Vice President Audit

Membawahi seluruh bagian pengawasan perusahaan di perusahaan.

   Vice President Administrasi / Keuangan.

Membawahi seluruh bagian pengurusan dan pengarsipan seluruh transaksi yang berlangsung di perusahaan.

   Vice president perizinan

Membawahi bagian yang mengatur mengenai regulasi dan kebijakan-kebijakan perusahaan dengan penyesuaian dengan regulasi dan juga regulasi mobil rental

   General Manager (kepala Pool)

Kepala pool adalah seseorang yang menjabat sebagai pimpinan cabang dan bertanggung jawab untuk mengetahui seluruh keadaan yang berlangsung di pool-nya, serta mengambil tindakan-tindakan dan keputusan yang berkaitan dengan kinerja pool.

  Manajer Teknik

Bertanggung jawab dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas perawatan dan peremajaan mobil rental

   Manajer Personalia

Bertanggung jawab dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas pengadaan dan pengembangan tenaga kerja perusahaan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan perusahaan.

   Manajer Administrasi/keuangan

Bertanggung jawab dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas kegiatan transaksi yang berlangsung di perusahaan.

  Kepala Sub Bagian (Kasubag)

Melakukan pengolahan dengan bidang yang telah ditetapkan.

  Kepala Seksi

Membantu pengelolaan dalam bidang yang telah ditetapkan.

   Staff

Pelaksana program-program kerja yang telah di tetapkan oleh perusahaan guna tercapainya tujuan bersama


STRATEGI PROSES
Bagaimana strategi proses untuk memulai sebuah bisnis rental mobil? Berikut beberapa langkahnya :
1. Mengangsur mobil
bahwa dengan merentalkan mobil yang Anda angsur, biaya angsurannya bisa ditutupi dari hasil yang diperoleh dari rental tersebut? Bisa dikatakan yang dikeluarkan untuk pertamanya adalah pembayaran DP. Mari simak contoh berikut:
untuk membeli mobil merk Daihatsu Xenia misalnya. DP sekitar 15-20 juta dengan tenor selama 3 tahun. Pembayaran per bulannya adalah sekitar Rp 3 juta. Nah, asumsi harga rental mobil adalah 300ribu tanpa supir, ataupun 450ribu berikut dengan supir. Jadi, kalau dikalikan kita hanya perlu menyewakan mobil selama 10 hari dalam sebulan untuk memperoleh pembayaran angsuran.

2. Jenis mobil
Biasanya mobil yang paling laris disewa adalah merk Avanza dan Xenia. Sementara itu, untuk jenis APV sangat jarang. Pemilihan jenis mobil sangat menentukan awal bisnis. Harga mobil Xenia sendiri jauh lebih murah ketimbang Avanza. Jadi, jika Anda belum kuat modal bisa memilih merk Xenia dulu. Uang sewa mobil apakah Xenia atau Avanza sama saja.
Biasanya orang memang memilih Avanza, namun jika yang ada Xenia biasanya mereka mau saja. Yang penting adalah mobil tahun terbaru sehingga kondisi interior, eksterior dan mesin dalam keadaan baik.

3. Keamanan mobil
Khususnya jika mobil disewa tanpa supir maka perhatikan beberapa hal berikut ini:
1. menggunakan asuransi all risk. Memang sedikit lebih mahal namun yang penting adalah segala resiko akan di-cover oleh pihak asuransi sehingga aset Anda aman.
2. memasang GPS tracker pada tempat tersembunyi di dalam mobil. Harga GPS tracker adalah sekitar 2-4 juta. Jadi, bisa melakukan track record pada mobil melalui komputer di rumah. Terdapat pula fitur log yang bisa merekam semua perjalanan dari mulai rute, waktu dan sebagainya.
3. menghindari untuk menyewakan mobil kepada perorangan dalam waktu yang cukup lama. Ini untuk mengantisipasi mobil digadaikan atau disewakan lagi dengan tarif di atas dari kita. Untuk itu,perusahaan bisa melakukan pengamatan lewat GPS. Apabila posisi mobil di Semarang, namun seseorang tersebut mengatakan di Surabaya maka perusahaan dapat menindaklanjuti.

4. Sistem promosi dan marketing
Sistem promosi dan marketing bisnis rental mobil cukup mudah karena memang dibutuhkan. Apalagi jika mobil yang sewakan adalah mobil tahun terbaru maka akan semakin banyak peminat.
DAN KAMI JUGA MENERIMA LEASING DARI MASYARAKAT YANG INGIN MOBILNYA DIJADIKAN MOBIL RENTAL DAN KERJA SAMA DENGAN RENTAL KAMI.
Namun tentu promosi tetap diperlukan. perusahaan dapat melakukan promosi offline seperti memberi tahu teman kantor, kerabat, klien dan kenalan mengenai rental mobil aris rencar. Atau perusahaan bisa beriklan di berbagai surat kabar atau majalah di kota setempat. Selain itu, promosi onlinepun akan sangat efektif. kita bisa membuat website rental mobil ariesrentcar. Buat tampilan yang menarik dan disertai promo-promo di saat-saat tertentu.



MANAJEMEN KUALITAS


Mengemukakan 5 dimensi kualitas jasa rental mobil, terdiri dari :

  1. Tangibles (bentuk fasilitas fisik)

  • Penampilan layout counter pada usaha rental mobil didesain semenarik mungkin, dengan warna khas biru dan kuning.
  • Sarana armada yang disewakan memiliki fasilitas seperti selimut, snack, GPS, menyediakan kartu member bagi pelanggan apabila menyewa lebih dari 8 kali maka gratis 1 kali.
  • Sarana komunikasi seperti menyediakan customer service, untuk melayani complain dan kritik pelanggan, juga menerima pemesanan via telepon, serta memberikan solusi apabila kendaraan yang disewa mengalami kerusakan mendadak.


  1. Realibility (Kehandalan)

Kemampuan memberian pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan secara akurat dan terpecaya, terdiri dari :

  • Memberikan pelayanan kepada pelanggan sesuai dengan keinginan pelanggan.
  • Memberikan garansi kepada pelanggan apabila selama perjalanan mengalami kerusakan armada yang kami sewakan.
  • Memberikan informasi kepada konsumen tentang promo yang kami tawarkan melalui via sms.

  1. Responsiveness (Tanggapan)

Keinginan untuk membantu pengguna dan memberikan pelayanan dengan cepat serta mampu mengatasi masalah yang timbul scara profesional dalam usaha jasa rental mobil. Terdiri dari :

      • Memberikan pelayanan 4S (Senyum, Salam, Sapa, dan Sopan) pada pelanggan.
      • Siap dan tanggap untuk menangan respon dan complain dari pelanggan.

  1. Assurance (Jaminan)

Pengetahuan dan kemampuan serta keramahan dalam melaksanakan tugas dapat menjamin pelayanan yang baik, sehingga menimbulkan kepercayaan dan keyakinan pengguna meliputi :

  • Memilih supir yang profesional dan berpengalaman untuk memberikan jaminan kepada pelanggan.
  • Memberikan pelatihan kepada customer service dalam berkomunikasi dan memberikan pengetahuan tentang perusahaan jasa agar dapat menjawab pertanyaan dari pelanggan.
  • Memberikan kendaraan keluaran terbaru.
  1. Emphaty (Empati)

Memberikan perhatian yang bersifat individual kepada pengguna dan berusaha untuk memahami keinginan dan kebutuhan pemakai. Meliputi :

  • Menghubungi pelanggan melalui telepon bagi penyewa mobil jangka panjang dalam hari ke-3 untuk menanyakan perkembangan penggunaan kendaraan dan pelayanan sopir yang sesuai dengan harapan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar