PROPOSAL KERJASAMA LEASING DAN PENANAMAN SAHAM
YANG TERHORMAT BAPAK/IBU
YANG TERHORMAT BAPAK/IBU
Usaha yang saya
buat yaitu usaha jasa dalam penyewaan kendaraan, yang saya beri nama
Aris Rental, aris rental juga akan memberikan layanan
buka yang menyeluruh selama 24 jam. Rental ini yang merupakan suatu
usaha penyedia solusi otomotif.
Aris Rental yang
akan kami tawarkan produk-produk kami yaitu :
1. Penyewaan Kendaraan Jangka Pendek
Penyewaan kendaraan jangka pendek ini akan membantu kebutuhan pelanggan yang bersifat darurat karena dapat siap setiap saat dibutuhkan. Jangka waktu sewa mulai dari 1 hari hingga 11 bulan.
1. Penyewaan Kendaraan Jangka Pendek
Penyewaan kendaraan jangka pendek ini akan membantu kebutuhan pelanggan yang bersifat darurat karena dapat siap setiap saat dibutuhkan. Jangka waktu sewa mulai dari 1 hari hingga 11 bulan.
2. Penyewaan
Kendaraan Jangka Panjang
Penyewaan kendaraan jangka panjang pada umumnya dipergunakan untuk keperluan aktifitas operasional perusahaan dalam kurun waktu tertentu yaitu 1-5 tahun.
Penyewaan kendaraan jangka panjang pada umumnya dipergunakan untuk keperluan aktifitas operasional perusahaan dalam kurun waktu tertentu yaitu 1-5 tahun.
3. Jasa Pengelolaan
Armada Kendaraan
Jasa pengelolaan armada kendaraan yang terpadu dimana kami merancang sistem dan melakukan seluruh aktifitas operasional penggunaan kendaraan kantor dengan IT Sistem untuk melayani aktifitas seluruh bisnis pelanggan.
Jasa pengelolaan armada kendaraan yang terpadu dimana kami merancang sistem dan melakukan seluruh aktifitas operasional penggunaan kendaraan kantor dengan IT Sistem untuk melayani aktifitas seluruh bisnis pelanggan.
4. Sistem
Pengelolaan Pengemudi
Sistem pengelolaan pengemudi merupakan layanan jasa pengemudi yang dikelola secara profesional untuk kenyamanan berkendara bagi pelanggan. Sistem pengelolaan pengemudi ini akan menghasilkan optimalisasi dalam pengoperasian kendaraan perusahaan Anda.
Sistem pengelolaan pengemudi merupakan layanan jasa pengemudi yang dikelola secara profesional untuk kenyamanan berkendara bagi pelanggan. Sistem pengelolaan pengemudi ini akan menghasilkan optimalisasi dalam pengoperasian kendaraan perusahaan Anda.
Kami juga akan
memberikan pelayanan perawatan berkala dan perbaikan kendaraan,
layanan kunjungan ke rumah/kantor, penyediaan kendaraan pengganti 24
jam, pelayanan darurat dan derek 24 jam, service center 24 jam
Karakteristik
jasa Rental
mobil
Jasa
Rental car temasuk dalam karakteristik jasa Intangibility karena ada
kesamaan realita dengan teori karakteristik jasa intangibility yaitu
jasa tidak dapat dilihat, dirasa, diraba, didengar, atau dicium
sebelum jasa itu dibeli. Nilai penting dari hal ini adalah nilai
tidak berwujud yang dialami konsumen dalam bentuk kepuasan,
kenikmatan. Masalah yang berkaitan dengan karakteristik ini adalah :
A)
Jasa tidak dilindungi oleh hak paten (karena tidak merupakan temuan
baru)
B)
Perusahaan tidak dapat dengan mudah dan cepat mengkomunikasikan
produk jasanya. (karena harus menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen)
C)
Harga sukar ditetapkan. (menyesuaikan dengan keadaan lingkungan yang
berpengaruh terhadap mobil itu sendiri)
Strategi
mengatasi masalah yang ditimbulkan karakteristik intangibility:
A)
Menekankan petunjuk-petunjuk yang tampak (tangible cues),yaitu tempat
(tempat desain interior dan eksterior), sumber daya manusia (ramah,
responsive, murah senyum, berpakaian rapi), peralatan (computer,
meja, kursi, dll), bahan –bahan komunikasi (brosur, pamphlet,
leatflet), symbol perusahaan dan harga.
B)
Menggunakan sumberdaya lpersonal lebih banyak daripada sumberdaya
lainnya.
C)
Menciptakan citra (image) perusahaan yang kuat.
D)
Memanfaatkan akuntansi biaya dalam penetapan harga, sehingga harga
dapat ditetapkan sebaik mungkin.
E)
Melakukan komunikasi purnabeli/ pasca pembeli, seperti mengumpulkan
informasi mengenal kepuasan pelanggan, keluhan pelanggan dll.
Klasifikasi jasa
AriesRental
car
Jasa” Rental
Car”
berdasarkan atas tingkat kontak konsumen dengan pemberi jasa sebagai
bagian dari system saat jasa tersebeut dihasilkan termasuk dalam
kelompok low contack system, yaitu konsumen tidak perlu menjadi
bagian dari system untuk menerima jasa. Misalnya pada jasa reparasi
mobil, konsumen tidak harus dalam kontak pada saat operasional jasa
tersebut dilakukan.
- Hubungan pelanggan (customer relationship)
Pada jasa kami
rental mobil akan kami bangun hubungan baik dengan para pemakai jasa
apalagi dengan pelanggan yang sudah loyal dengan jasa kami, karena
untuk mendapatkan pelanggan yang loyal dengan jasa kita sangatlah
sulit, maka dari itu bisnis jasa kita sangat menjaga hubungan baik
dengan para pelanggan, dengan memberikan berbagai pelayanan yang
sangat terbaik, seperti memberikan informasi tentang promo jasa
rental kami melali Fia sms.
- Kemitraan dengan pemasok (supplier partnership)
Fasilitas lain dari
perusahaan jasa kami ini adalah, setiap pelanggan yang memakai jasa
rental mobil kami akan mendapatkan snack berupa roti, permen, dan air
minum maka dari itu pemasok dari snack tersebut sangat di butuhkan.
Dan juga menyediakan
parfum dalam setiap mobil yang kami sewakan yang kami dapatkan dari
supplier partner kami.
- Kemitraan antar perusahaan(lateral partnership)
Pada
perusahaan jasa kami akan mencari mitra usaha dalam menjalankan
bisnis seperti, mencari perusahaan suku cadang mobil atau bekerjasama
dengan dealer-dealer apabila kendaraan yang kami miliki mengalami
kerusakan atau kendala untuk memenuhi fasilitas yang diinginkan oleh
konsumen.
- Kemitraan internal (internal partnership)
Para karyawan yang
bekerja dalam rental mobil kami akan langsung terdaftar sebagai
anggota asuransi jiwa dan para pekerja tidak bekerja full time, akan
tetapi menggunakan system shift-shift karena jika para karyawan
dipekerjakan secara full time terkadang hari berikutnya kurang
maksimal dalam bekerja.
- Hubungan dengan masyarakat
Dalam pengambilan
karyawan kami tidak akan merekrut karyawan dari luar daerah tempat
rental mobil kami, kami mempekerjakan para pemuda yang masih
produktif untuk menjadi karyawan di rental mobil kami yang ada
disekeliling usaha jasa rental mobil kami, hal ini kami lakukan untuk
menjalin hubungan usaha kami dengan orang-orang yang ada disekeliling
perusahaan kami.
- Hubungan dengan lembaga keuangan(bank)
untuk mengawali jasa
rental kami, kami akan mencari modal melalui pinjaman dari bank untuk
membeli armada untuk kami sewakan, dengan cara, hasil pendapatan dari
rental mobil tersebut kami kumpulkan selama sebulan untuk membayar
cicilan kepada bank yang telah membiayai usaha kami setiap bulan,
apabilan cicilan sudah lunas kami akan menambah armada mobil kami
dengan cara yang sama, agar armada kami semakin hari semakin
bertambah guna memenuhi kepuasan konsumen kami.
SEGMENTASI
PASAR JASA
Segmen
goegrafis
Berdasarkan
geografis segmen kami adalah wilayah tempat jasa kami yaitu wilayah
malang dan sekitarnya, apabila usaha kami mengalami perkembangan yang
sangat pesat kami akan membuka cabang di kota-kota besar di seluruh
wilayah indonesia khususnya pulau jawa dan bali.
Segmen
demografi
Pada
segmen demografi ini kami akan mengelompokkan jenis kelamin dalam
cara penyewaan kami, dengan cara setiap orang yang menyewa kali
kelompokkan jenis kelamin, apabila orang penyewa perempuan kami akan
menyediakan mobil yang mudah untuk dikendarai bagi kaum perempuan
yaitu mobil yang bertranmisi matic, sedangkan untuk jenis kelamin
pria, kami akan menyediakan armada yang tranmisi manual.
Segmen
psikografis
segmen
psikografis pada jasa kami yaitu produk kami segmentasinya yaitu
menengah ke atas dan seluruh kalangan yang ada.
Selain
itu jasa kami akan menyediakan rental mobil dengan armada yang mewah
dan mobil faforit kalangan muda, karena sebagian dari penyewa sering
menginginkan armada yang bagus, mewah dan sporty untuk kalangan anak
muda.
Segmen
perilaku
Semen
perilaku ini adalah target orang yang berpengetahuan dan orang yang
setia pada produk jasa kami.
PEMOSISAN
PRODUK JASA
Perbedaan
usaha rental mobil kami dengan mobil yang lain.
Aries
rent car
|
Jasa
rental mobil yang lain
|
|
Sebagian
jasa rental mobil hanya menyediakan rental jangka pendek saja.
|
|
Menyediakan
mobil yang apa adanya.
|
|
Hanya
menyediakan mobil yang transmisi manual.
|
|
Hanya
menyediakan armada dan sedikit fasilitas pada armada tersebut.
|
Strategi
produk jasa
Produk
inti
Produk inti dari
jasa kita adalah rental mobil yang mana kami menyediakan persewaan
mobil untuk para mahisiswa atau pelajar dan perusahaan yang
membutuhkan peminjaman mobil untuk berwisata atau study tour serta
untuk kebutuhan transportasi perusahaan.
Produk
aktual
Perencanaan produk
actual dalam rental mobil kami yaitu salah satunya GPS dan Hotspot
Car yang dimana ketika para konsumen menggunakan jasa kami akan
merasa nyaman internet-an atau ber-wifi di dalam mobil selama
perjalanan dan juga guna untuk penunjuk arah guna mempermudah penyewa
dalam berkendara.
Produk
tambahan
Dalam jasa kami
selain rental mobil, para penyewa mobil akan mendapatkan produk
tambahan dari kami yaitu berupa makanan ringan atau snack dan dalam
mobil rental kami ada tambahan in car hotspot(hotspot di mobil), TV
dan karaoke, juga menyediakan sopir bagi penyewa yang membutuhkannya.
Jasa
rental mobil ini Termasuk “shopping
good”
Karena rental mobil
permasuk perusahaan travelling, dimana para konsumennya dalam
pemilihan dan pembeliannya dibandingkan dengan diantara berbagai
alternative yang tersedia. kriteria perbandingan tersebut meliputi
harga, kualitas dan model masing-masing jasa.
STRATEGI
DISTRIBUSI JASA (RENTAL MOBIL PERUSAHAAN)
Di
sini produsen mempertimbangkan berbagai macam factor yang sangat
berpengaruh dalam pemilihan saluran distribusinya. Pemilihan saluran
distribusi yang efektif akan mampu mendorong peningkatan penjualan
yang diharapkan, sehingga kelangsungan hidup perusahaan terjamin.
Perusahan jasa kami
memilih saluran
distribusi langsung karena
dimana situasi produsen melakukan transaksi secara langsung dengan
pelanggan.
- Produsen mengendalikan penuh harga produk (tidak ada mark up akibat marketing intermediares)
- Mudah mendapatkan umpan balik langsung mengenai produknya memungkinkan memberikan respon lebih cepat.
Missal: perusahaan
langsung memberikan contac person dan kartu nama rental mobil kpada
para pelanggan atau kepada perusahaan agar lebih mudah untuk
mengetahui informasi jika dibutuhkan dan memudahkan pelanggan jika
sewaktu-waktu pelanggan membutuhkan peminjaman mobil pada rental
kami.
STRATEGI
PENETAPAN HARGA
TAHAP
PENETAPAN HARGA:
- Profit Maximization, penentuan harga bertujuan untuk memaksimumkan profit dalam periode tertentu.
Karena perusahaan
jasa rental mobil kami untuk memaksimalkan pendapatan dalam jangka
waktu pendek dan jangka panjang.
- Menentukan permintaan pada jasa rental mobil yaitu permintaan pada perusahaan yang membutuhkan rental mobil karena pada saat ini perusahaan tidak menangggung resiko dari kendaraan pribadi perusahaan apabila mengalami kerusan dan sebagainya.
- Memperkirakan biaya:
Dikarenakan
perusahaan dalam menyewa jangka pandang tidak seperti rental harian
maka kami menetapkan harga sewa bulanan atau tahunan.
- Menganalisis biaya, harga dan penawaran pesaing
Analisis biaya:
biaya dalam perusaahan kami biaya pembelian mobil : 170.000.000 : 4
tahun (48) = 2.000.000
Biaya perawatan
perbulan : 300.000
Biaya sopir :
70.000 perhari
Jadi dari total
biaya perbulan tersebut yaitu : 4.400.000
- Dari hasil analisis di atas maka kami menentukan metode penetapan harga berbasis biaya yaitu :
Penetapan
harga markup (markup
pricing)
Penetapan harga
menurut metode ini adalah berdasarkan biaya keseluruhan yang telah
dikeluarkan dengan mark-up tertentu sebagai keuntungan.
Karena kami memperhitungkan biaya keseluruhan.
- menentukan harga
dari hasil analisis
biaya ditemukan sebesar 4.400.000 selama sebulan maka kami menetukan
biaya sewa perbulan 5.000.000 / bulan
STRATEGI
PROMOSI JASA (RENTAL MOBIL)
Produk yang kami
tawarkan kepada konsumen untuk mendorong pendistribusian sampai
kekonsumen melalui beberapa tahapan
- Periklanan ( advertising )
Rental mobil kami
menggunakan media iklan berupa brosur yang di sebarkan kepada para
konsumen dan kebeberapa perusahaaan, agar para konsumen bisa langsung
membaca deskripsi jasa kami, akan tetapi perusahaan kami juga
mempromosikan jasa lewat internet, agar para pelanggan juga bisa
memesan atau menyewa mobil secara online serta kami memasarkan ke
perusahaan untuk menawarkan penyewaan armada kami dalam penyewaan
jangka panjang.
- Hubungan Masyarakat ( public relation )
Perusahaan jasa kami
akan selalu menjaga hubungan baik kepada para pelanggan apalagi
dengan pelanggan yang sudah royal terhadap jasa kami, dengan
memberikan card member untuk memudahkan pelayanan terhadap pelanggan
dan juga menjaga hubungan baik kepada perusahaan yang mempercayakan
rental kami untuk kerjasama penyewaan mobil jangka panjang. dan kami menyediakan di blog untuk tanya jawab berkomunikasi melalui internel dan juga telepon.
- Pemasaran Langsung ( direct marketing )
Menawarkam produk
secara langsung tanpa melalui agen atau perantara orang lain.
kami memasarkan melalui brosur dan fia internet yaitu facebook twitter dan blog yang kami miliki.
- Personal seling
Presentasi
oleh sales kepada perusahaan perusahaan untuk kerjasama antara rental
mobil dengan perusahaan terkait untuk menyediakan penyewaan armada ke
perusahaan dengan harga murah.
- Sales promotion
Menyebarkan
brosur untuk penyewaan jangka pendek ke mahasiswa ke semua kalangan
yang ada di daerah. Beda dengan jangka panjang yaitu penyewaan mobil
dengan perusahaan dengan minimal penyewaan 1 tahun sedangkan jangka
pendek yaitu rental per hari.
Struktur
organisasi pemasaran jasa (rental mobil perusahaan)
Vice
PrsidentPersonalia
Membawahi bagian
pemberdayaan sumber daya manusia, terkait dengan pengadaan tenaga
kerja demi kelangsungan usaha jasa perusahaan.
Vice
President Operasi
Membawahi semua
bagian pengaturan pengemudi, terkait dengan masalah system sirkulasi
pengemudi perusahaan.
Vice
President Audit
Membawahi seluruh
bagian pengawasan perusahaan di perusahaan.
Vice
President Administrasi / Keuangan.
Membawahi seluruh
bagian pengurusan dan pengarsipan seluruh transaksi yang berlangsung
di perusahaan.
Vice
president perizinan
Membawahi bagian
yang mengatur mengenai regulasi dan kebijakan-kebijakan perusahaan
dengan penyesuaian dengan regulasi dan juga regulasi mobil
rental
General
Manager (kepala Pool)
Kepala pool adalah
seseorang yang menjabat sebagai pimpinan cabang dan bertanggung jawab
untuk mengetahui seluruh keadaan yang berlangsung di pool-nya, serta
mengambil tindakan-tindakan dan keputusan yang berkaitan dengan
kinerja pool.
Manajer
Teknik
Bertanggung jawab
dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas
perawatan dan peremajaan mobil rental
Manajer
Personalia
Bertanggung jawab
dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas
pengadaan dan pengembangan tenaga kerja perusahaan, kompensasi,
integrasi, pemeliharaan dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai
tujuan perusahaan.
Manajer
Administrasi/keuangan
Bertanggung jawab
dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas
kegiatan transaksi yang berlangsung di perusahaan.
Kepala
Sub Bagian (Kasubag)
Melakukan pengolahan
dengan bidang yang telah ditetapkan.
Kepala
Seksi
Membantu pengelolaan
dalam bidang yang telah ditetapkan.
Staff
Pelaksana
program-program kerja yang telah di tetapkan oleh perusahaan guna
tercapainya tujuan bersama
STRATEGI PROSES
Bagaimana
strategi proses untuk memulai sebuah bisnis rental mobil? Berikut
beberapa langkahnya :
1. Mengangsur mobil
bahwa dengan merentalkan mobil yang Anda angsur, biaya angsurannya bisa ditutupi dari hasil yang diperoleh dari rental tersebut? Bisa dikatakan yang dikeluarkan untuk pertamanya adalah pembayaran DP. Mari simak contoh berikut:
untuk membeli mobil merk Daihatsu Xenia misalnya. DP sekitar 15-20 juta dengan tenor selama 3 tahun. Pembayaran per bulannya adalah sekitar Rp 3 juta. Nah, asumsi harga rental mobil adalah 300ribu tanpa supir, ataupun 450ribu berikut dengan supir. Jadi, kalau dikalikan kita hanya perlu menyewakan mobil selama 10 hari dalam sebulan untuk memperoleh pembayaran angsuran.
1. Mengangsur mobil
bahwa dengan merentalkan mobil yang Anda angsur, biaya angsurannya bisa ditutupi dari hasil yang diperoleh dari rental tersebut? Bisa dikatakan yang dikeluarkan untuk pertamanya adalah pembayaran DP. Mari simak contoh berikut:
untuk membeli mobil merk Daihatsu Xenia misalnya. DP sekitar 15-20 juta dengan tenor selama 3 tahun. Pembayaran per bulannya adalah sekitar Rp 3 juta. Nah, asumsi harga rental mobil adalah 300ribu tanpa supir, ataupun 450ribu berikut dengan supir. Jadi, kalau dikalikan kita hanya perlu menyewakan mobil selama 10 hari dalam sebulan untuk memperoleh pembayaran angsuran.
2.
Jenis mobil
Biasanya mobil yang paling laris disewa adalah merk Avanza dan Xenia. Sementara itu, untuk jenis APV sangat jarang. Pemilihan jenis mobil sangat menentukan awal bisnis. Harga mobil Xenia sendiri jauh lebih murah ketimbang Avanza. Jadi, jika Anda belum kuat modal bisa memilih merk Xenia dulu. Uang sewa mobil apakah Xenia atau Avanza sama saja.
Biasanya orang memang memilih Avanza, namun jika yang ada Xenia biasanya mereka mau saja. Yang penting adalah mobil tahun terbaru sehingga kondisi interior, eksterior dan mesin dalam keadaan baik.
Biasanya mobil yang paling laris disewa adalah merk Avanza dan Xenia. Sementara itu, untuk jenis APV sangat jarang. Pemilihan jenis mobil sangat menentukan awal bisnis. Harga mobil Xenia sendiri jauh lebih murah ketimbang Avanza. Jadi, jika Anda belum kuat modal bisa memilih merk Xenia dulu. Uang sewa mobil apakah Xenia atau Avanza sama saja.
Biasanya orang memang memilih Avanza, namun jika yang ada Xenia biasanya mereka mau saja. Yang penting adalah mobil tahun terbaru sehingga kondisi interior, eksterior dan mesin dalam keadaan baik.
3.
Keamanan mobil
Khususnya jika mobil disewa tanpa supir maka perhatikan beberapa hal berikut ini:
1. menggunakan asuransi all risk. Memang sedikit lebih mahal namun yang penting adalah segala resiko akan di-cover oleh pihak asuransi sehingga aset Anda aman.
2. memasang GPS tracker pada tempat tersembunyi di dalam mobil. Harga GPS tracker adalah sekitar 2-4 juta. Jadi, bisa melakukan track record pada mobil melalui komputer di rumah. Terdapat pula fitur log yang bisa merekam semua perjalanan dari mulai rute, waktu dan sebagainya.
3. menghindari untuk menyewakan mobil kepada perorangan dalam waktu yang cukup lama. Ini untuk mengantisipasi mobil digadaikan atau disewakan lagi dengan tarif di atas dari kita. Untuk itu,perusahaan bisa melakukan pengamatan lewat GPS. Apabila posisi mobil di Semarang, namun seseorang tersebut mengatakan di Surabaya maka perusahaan dapat menindaklanjuti.
Khususnya jika mobil disewa tanpa supir maka perhatikan beberapa hal berikut ini:
1. menggunakan asuransi all risk. Memang sedikit lebih mahal namun yang penting adalah segala resiko akan di-cover oleh pihak asuransi sehingga aset Anda aman.
2. memasang GPS tracker pada tempat tersembunyi di dalam mobil. Harga GPS tracker adalah sekitar 2-4 juta. Jadi, bisa melakukan track record pada mobil melalui komputer di rumah. Terdapat pula fitur log yang bisa merekam semua perjalanan dari mulai rute, waktu dan sebagainya.
3. menghindari untuk menyewakan mobil kepada perorangan dalam waktu yang cukup lama. Ini untuk mengantisipasi mobil digadaikan atau disewakan lagi dengan tarif di atas dari kita. Untuk itu,perusahaan bisa melakukan pengamatan lewat GPS. Apabila posisi mobil di Semarang, namun seseorang tersebut mengatakan di Surabaya maka perusahaan dapat menindaklanjuti.
4.
Sistem promosi dan marketing
Sistem promosi dan marketing bisnis rental mobil cukup mudah karena memang dibutuhkan. Apalagi jika mobil yang sewakan adalah mobil tahun terbaru maka akan semakin banyak peminat.
Sistem promosi dan marketing bisnis rental mobil cukup mudah karena memang dibutuhkan. Apalagi jika mobil yang sewakan adalah mobil tahun terbaru maka akan semakin banyak peminat.
DAN KAMI JUGA MENERIMA LEASING DARI MASYARAKAT YANG INGIN MOBILNYA DIJADIKAN MOBIL RENTAL DAN KERJA SAMA DENGAN RENTAL KAMI.
Namun tentu promosi tetap diperlukan. perusahaan dapat melakukan promosi offline seperti memberi tahu teman kantor, kerabat, klien dan kenalan mengenai rental mobil aris rencar. Atau perusahaan bisa beriklan di berbagai surat kabar atau majalah di kota setempat. Selain itu, promosi onlinepun akan sangat efektif. kita bisa membuat website rental mobil ariesrentcar. Buat tampilan yang menarik dan disertai promo-promo di saat-saat tertentu.
Namun tentu promosi tetap diperlukan. perusahaan dapat melakukan promosi offline seperti memberi tahu teman kantor, kerabat, klien dan kenalan mengenai rental mobil aris rencar. Atau perusahaan bisa beriklan di berbagai surat kabar atau majalah di kota setempat. Selain itu, promosi onlinepun akan sangat efektif. kita bisa membuat website rental mobil ariesrentcar. Buat tampilan yang menarik dan disertai promo-promo di saat-saat tertentu.
MANAJEMEN KUALITAS
Mengemukakan
5 dimensi kualitas jasa rental mobil, terdiri dari :
- Tangibles (bentuk fasilitas fisik)
- Penampilan layout counter pada usaha rental mobil didesain semenarik mungkin, dengan warna khas biru dan kuning.
- Sarana armada yang disewakan memiliki fasilitas seperti selimut, snack, GPS, menyediakan kartu member bagi pelanggan apabila menyewa lebih dari 8 kali maka gratis 1 kali.
- Sarana komunikasi seperti menyediakan customer service, untuk melayani complain dan kritik pelanggan, juga menerima pemesanan via telepon, serta memberikan solusi apabila kendaraan yang disewa mengalami kerusakan mendadak.
- Realibility (Kehandalan)
Kemampuan memberian
pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan secara akurat dan terpecaya,
terdiri dari :
- Memberikan pelayanan kepada pelanggan sesuai dengan keinginan pelanggan.
- Memberikan garansi kepada pelanggan apabila selama perjalanan mengalami kerusakan armada yang kami sewakan.
- Memberikan informasi kepada konsumen tentang promo yang kami tawarkan melalui via sms.
- Responsiveness (Tanggapan)
Keinginan untuk
membantu pengguna dan memberikan pelayanan dengan cepat serta mampu
mengatasi masalah yang timbul scara profesional dalam usaha jasa
rental mobil. Terdiri dari :
- Memberikan pelayanan 4S (Senyum, Salam, Sapa, dan Sopan) pada pelanggan.
- Siap dan tanggap untuk menangan respon dan complain dari pelanggan.
- Assurance (Jaminan)
Pengetahuan dan
kemampuan serta keramahan dalam melaksanakan tugas dapat menjamin
pelayanan yang baik, sehingga menimbulkan kepercayaan dan keyakinan
pengguna meliputi :
- Memilih supir yang profesional dan berpengalaman untuk memberikan jaminan kepada pelanggan.
- Memberikan pelatihan kepada customer service dalam berkomunikasi dan memberikan pengetahuan tentang perusahaan jasa agar dapat menjawab pertanyaan dari pelanggan.
- Memberikan kendaraan keluaran terbaru.
- Emphaty (Empati)
Memberikan perhatian
yang bersifat individual kepada pengguna dan berusaha untuk memahami
keinginan dan kebutuhan pemakai. Meliputi :
- Menghubungi pelanggan melalui telepon bagi penyewa mobil jangka panjang dalam hari ke-3 untuk menanyakan perkembangan penggunaan kendaraan dan pelayanan sopir yang sesuai dengan harapan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar